Thursday, September 23, 2004

Daus Bicara Tentang Nasib

Konon, kita orang semua ini punya jalan idup masing-masing.

Kayak ari ini, gue tadi sempet nyasar ke kampus bentaran. Di situ gue ketemu ama junior gue dan die lagi asik presentasi--bagi pengalaman, gitu kata die--di depan dosen-dosen. Die emang lagi S-2 di Inggeris. Pas itu die cerita, temennya seangkatan, nyang juga pastinya adalah junior gue juga, malah sekarang lagi mau ngambil gelar doktor di Berkeley Uni, Amrik sono. Setdah ..., dan gue cuman bisa senyum sepet ajah.

Jalan idup tiap-tiap orang emang beda-beda. Si Junior-Inggeris gue enih emang anaknya bupati di Sumatera. Die pastinya bisa ngejar gelar dan cita-cita kemanapun dia kepingin. Sedang si Junior-Amrik ntuh anaknya pegawe perusahaan minyak Amrik nyang udah tentunya juga bisa ngejar cita-cita ke mana pun die suka. Sementara, ari ini, gue juga ternyata baru dapet request add dari temen SMA gue nyang jadi pilot. Die juga anaknye bupati di Sulawesi sehingga die bisa kuliah di banyak macam tempat dan ngejar apa nyang dia kepingin setinggi langit (dan dia emang udah nyampe ke langit, since he is a pilot).

Apa nyang mau gue tulis di sini? Gue ngiri kah? Kagak ada kata ntuh dalam kamus gue =)

Gue jadi apa sekarang? Penulis amatir nyang kagak jelas juntrungannya. Penyair, nyang malah lebih buruk nasipnya daripada penyair kelas bus kota di Jakarta. Dan, menyesalkah gue?

Dengan bangga gue bilang: KAGAK.

Gue ada di bumi terjadi tiba-tiba gitu aja, tanpa pernah dikonsultasiin ama gue, kepada keluarga manakah gue bakal lahir, di negara manakah gue bakal hinggap. Nggak. Pemikiran ini juga adalaha satu pemikiran dalam eksistensialisme. Gue tiba-tiba ajah ada di sini. PLOP!! Begitu mungkin bunyinya.

Tapi apalah manusia kalo cuman mikirin masa lalu dan menyesali nasip? Kita nggak bisa berbuat apa-apa terhadap apa nyang terjadi begitu aja dengan idup kita. Yang menjadi bagian kita adalah ngejalanin idup kita dengan segala macam keputusan nyang kita buat sendiri. Kita bebas menentukan idup kita mau jadi apa dengan segala "aset" nyang kita punya hingga titik akhir nyang namanya maut. Itu juga takdir. Kita nggak bisa melakukan sesuatu terhadap maut. Nyang kita bisa cuman menggores sejarah sepanjang takdir antara lahir dan mati. Dari lubang ke lubang, ada kita punya pilihan menentukan idup kita sendiri. Mewujudkan eksistensi kita.

Walaupun gitu, sempet juga tadi gue kepikiran iseng, kenapa gue miskin banget dan penuh batu dalam jalan gue untuk ngewujudin eksistensi gue? Kegelisahan. Tapi itu hal yang wajar dalam perjalanan eksistensial. lagipula, pernah nggak sih kepikiran ama elo-elo juga, bahwa kebanyakkan kehidupan seniman, budayawan, penulis, tukang puisi dan semacam mereka itu, selalu banyak batu nyang kadang menyakitkan dan memilukan kalo disimak?

Dan batu-batu dalam idup gue, gue pikir, ternyata bisa juga jadi semacam kebanggaan buat gue. Batu-batu nyang punya peran bercerita tentang bagaimana seorang daus menjalani eksistensinya sendiri.

/jatinangor, 23 september 2004




6 Comments:

At 6:44 PM, Anonymous Anonymous said...

Kalo gitu dibalik aja, Us.. Mungkin justru segala kerumitan dan masalah yg membuat hidup orang2 itu berwarna. Apakah mereka menyesal punya hidup seperti itu? Entahlah. Tapi gw yakin setiap orang memang udah punya porsi "batu" sendiri2, punya misi hidup sendiri2, tanggung jawab sendiri2..
Dan ternyata batu2 itu udah jadi aset buat elo.

Kalo kita udah tahu apa yang jadi tujuan, nggak perlu liat kiri-kanan. Apa yang mereka miliki mungkin elo nggak punya, tapi apa mereka memiliki hal2 yang elo punya? Semua penilaian adalah relatif, Us.. Masih banyak batu yang bakal menghadang jalan elo, dan hanya elo yang bisa benar2 menyingkirkannya, bukan orang lain, setuju?

So? Just keep on writing lah hay... :)

 
At 9:52 AM, Anonymous Anonymous said...

Emang sih, tanpa masalah, kayaknya ini idup kagak asik =)

Gue yakin, Orang nyang idupnya lempeng² aja pasti ngerasa bosen ngejalaninnya. Lagipula, tantangan kan emang bikin idup ini serasa punya napas, bener kan? =)

[dausz!]

 
At 10:21 PM, Anonymous Anonymous said...

Kalo loe bisa sekolah di mana aja dan bisa dapetin apa aja yang loe mau krn orang tua loe punya pemasukan yg terlalu berlebihan, itu mah ngga ada seninya.

Setiap manusia idiot mampu mampu mengatasi kekayaan dan keberhasilan. Tapi kalo keadaan yang ada kritis dan sangat tidak nyaman (kegagalan misalnya..), cuma orang2 yg punya otak doang yg bisa bertahan hidup(dgn tujuan: keberhasilan contohnya..).

Hal ini emang ngga gampang. Tapi dari apa yg gua liat & pelajarin, yg bertahan hrsnya berhasil juga. Mungkin gua bisa kasih pengalaman gua waktu pertama kali mendarat di jerman dgn isi dompet yg cukup untuk
beli tiket balik ke jkt dan ngga ada kenalan sama sekali.

Setiap gua liat BMW ato Mercedes lewat, kadang2 gua juga rada prihatin akan kedaan gua (kenapa gua ngga punya..). Tapi gua punya yang paling penting dalam hidup. Gua punya Juruselamat. Itu cukup untuk gua. Kekayaan bukan lagi yang paling penting untuk gua. Gua juga bersyukur kalo sampe sekarang gua masih bisa bertahan hidup di sini dan sekolah gua juga jalan dengan baik sampe sekarang.

Loe tau arti kata berjuang ngga?
Coba belajar dari tulang Gober. Loe tau ngga, kalo sifat2 tulang Gober itu hasil dari interview Wald disney & co. kepada 500 orang2 kaya di amerika. Jadi itu bukan asal di cari2 doang.


R. Siagian,   01 Oktober 2004 (ger)

 
At 12:34 PM, Anonymous Anonymous said...

Seeeppp lahhh!!! =)

Eh, btw, si Gober ntuh emang panutan gue dalam hal ekonomi lho ..., hehehehe ...

Eh ... sama² Siagian yah?! Kalo bole tau, ente nemu blog aye darimana nih, Oom/Mbak?! =)

[dausz!]

 
At 12:48 PM, Anonymous Anonymous said...

salut banget buat dua orang junior loe itu. gue banyak bergaul dengan anak orang kaya dan mereka sebagian besar ancur dan gak bisa membanggakan ortu mereka. Tapi lain ceritanya dengan 2 junior loe yang mengerti apa itu kesempatan dan tau bagaimana menggunakan uang. Loe harusnya sebagai senior bangga juga dong artinya suatu waktu nanti di kala mereka berhasil loe dengan bangga mengatakan "dia itu adik gue". kali aja loe bisa kecipratan kan. Lihatlah sesuatu dari sudut pandang positif.

 
At 9:05 PM, Anonymous Anonymous said...

google --> "siagian" --> ..., firdaussigian.cijb.net
Mar lae lah kita. Kalo mau bisa panggil bapatua:)

R. Siagian

 

Post a Comment

<< Home