Thursday, October 28, 2004

TEMPO DOELOE [5]: SOERAT KABAR BINTANG BETAWI 28/10/2004

Soldadoe Blanda nama Jaffraan jang soedah menggat dari tangsi dan saban malem tjari penghidoepannja dengen dagangin prampoewan di roemah roemah makan soedah kena tangkep pada pembesar militair, tapi sia sia, tjapenja politie tangkap padanja sebab ia soedah bisa menggat lagi dari kamar toetoepannja.


***


Kabarnja di permoelaan tahoen 1906 djalanan kreta api antara Krawang dan Padalarang baroe boleh diboeka aken goena orang banjak.

Kaloe djalanan itoe soeda seleseh, baroe toewan Wijnmalen, Hoofd-insinjeur dari djalanan kereta api jang terseboet, ada sempat boewat pegi verlof ke Olanda, sebab soedah 10 tahoen ia mendjabat pekerdjaannja beloem pernah ia dapet verlof ke loewar negeri.

Maka dengan senang djalanan itoe boleh diserahkan ke laen Insinjeur, penggantinja toewan Wijnmalen, maka pada ini waktoe pemerintah negri masih banjak harapan pada toewan Wijnmalen soepaja djalanan kereta api itoe dibikin seleseh dahoeloe, sebelomnja ia pergi ke Olanda.


***


Hari Minggoe saia soedah liat ada satoe orang Selam nama Mariasan tinggal di bilangan Goenoeng Sahari saolah menangis bersama anak bininja dari sebab sedih hati jang roemahnja soedah diambil sama toean tanah lantaran tida bisa bajar wang sewa tanahnja.


dikutip dari Kopran Tempo, 28 Oktober 2004



0 Comments:

Post a Comment

<< Home