Saturday, August 10, 2002

HITAM DAN PUTIH


Pernah nggak kamu berpikir tentang mana warna yang pertama kali ada di bumi ini? Tentang warng yang paling abadi--ultimate forever? Saya pernah tergoda berpikir. Dan saya masih diliputi kebingungan diantara dua pilihan: hitamkah atau putihkah? Kedua-duanya menurut saya punya argumen sendiri-sendiri.

Hitam melambangkan kedalaman, sedangkan putih melambangkan keluasan. Hitam mengandung misteri sedang putih membuka suatu transparansi--keterbukaan. Namun tetap keduanya mengandung sesuatu yang tak dapat tergambarkan. Hitam mengesankan betapa pemikiran tak dapat diselami sampai dasarnya, sedang putih sendiri mengesankan betapa pemikiran adalah suatu perjalanan yang tak berujung.

Manakah yang lebih dulu ada di alam ini antara hitam dan putih? Menurut kitab suci, sebelum dunia ini ada, yang bereksistensi adalah kegelapan--yang berarti hitam, bukan? Tapi tentu sebelum dari sebelum itu sendiri, adalah Tuhan yang telah bereksistensi dari waktu tiada hingga ada hingga nanti waktu tiada lagi. Apakah warna Tuhan itu? Hitamkah? Putihkah? Tak berwarna? Apakah warna dari tak-berwarna itu sendiri? Jika memang ada warna yang bernama tak-berwarna, maka itu adalah yang pasti abadi. Tapi apakah ia?

Pusing? Sama...., saya juga pusing......

Pingin kasih komentar? klik aja Shout Out di bawah ini, OK?!!




0 Comments:

Post a Comment

<< Home