Sunday, February 08, 2004

Antara Burung Orang Amrik dan Burung Orang Indonesia

Antara Burung Orang Amrik dan Burung Orang Indonesia


Kemarin gue baru aja sadar, ternyata antara burungnya orang Amrik dan burungnya orang Indonesia itu hampir sama. Jangan mikir yang nggak-nggak dulu, OK? Yang gue maksud tentu burung yang dijadiin lambang negara itu dong ah. Keduanya sama-sama rajawali. Cuman yang satu item, yang satunya lagi kuning. Dua-duanya juga sama-sama ngerentangin sayap. Sama-sama bawa banner alias pita iklan. Sama-sama bunyinya: berbeda-beda tapi tetep satu.

Tapi ternyata ada juga bedanya. Kalo burungnya orang Indonesia cuman bawa banner di kaki. Sementara burungnya orang Amrik bawa banner di mulut. MUngkin bisa dimengerti karna di kakinya udah ada daun-daunan ama panah. Itu saja?

Dari iseng-iseng ngeliat lambang negara macam gitu, gue juga iseng-iseng berpikiran ternyata orang Indonesia lebih beradab dibanding orang sono. Kebayang nggak sih, ama lambang negara yang cuman gambar burung aja, mereka udah ngejejalin begitu macam banyak beban. Di kakinyalah, di mulutnyalah, disuruh ngerentangin tangan pula, dan di suruh memalingkan muka, kayak anak SD lagi disetrap. Sementara, burungnya orang Indonesia lebih sedikit barang bawaannya dibandingin burungnya orang Amrik. So, siapa yang lebih beradab? Mereka terlalu memaksakan idealismenya sendiri, bahkan atas nama persatuan, demokrasi dan semacamnya, tapi ternyata, ama burungnya sendiri aja kejamnya minta ampun.

Orang Indonesia emang lebih baik dari orang Amrik. Begitu kan? Nggak juga ah. Toh, burungnya orang kita juga seperti posisi anak SD disetrap, kok. Dan mungkin karna mulutnya yang ngga bawa beban apa-apa itu juga yang bikin pemimpin bangsa kita lebih banyak debat kusir daripada mikirin rakyat. Begitukah? Bisa jadi.

Anyway, ini cuman tulisan iseng dari pikiran iseng doang. Jangan terlalu diambil hati. Hati itu pait, lebih baik makan paha bagian atas aja (itu juga kalo bebas dari avian-influenza, hehehe....). Tapi nggak ada salahnya juga kok kalo ente-ente semua mau mikirin lebih serius lagih...

0 Comments:

Post a Comment

<< Home